Minggu, 11 April 2010


Visi, Misi, Tujuan Program Studi, dan Kompetensi Lulusan untuk Jurusan Akuntansi

0
VISI PROGRAM STUDI
Visi Program Studi Pada tahun 2012, Mewujudkan Program Studi Akuntansi berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat diakui di tingkat regional maupun internasional.

MISI PROGRAM STUDI
1.Menyelenggarakan pendidikan tinggi akuntansi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
2.Menciptakan suasana akademik yang kerkesinambungan dan mendukung kegiatan penelitian yang bertaraf internasional dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
3.Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud tanggung jawab sosial institusi.
4.Menyelenggarakan kerjasama yang bersinergi dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.
5.Mengembangkan institusi dalam rangka merespon pelbagai perubahan yang terjadi.

TUJUAN PROGRAM STUDI
Program Studi Akuntansi bertujuan :
1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan kualifikasi sebagai berikut: (a) Memiliki kompetensi akuntansi, kreatif dan inovatif, berdaya saing tinggi, adaptif, dan profesional; (b) Berkemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai bidang keilmuannya; (c) Memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok multidisiplin, dan memiliki jiwa wirausaha; (d) Berintegritas, menjunjung tinggi moral dan etika profesi, dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan; (e) Peduli terhadap kesejahteraan masyarakat dan tanggap terhadap setiap perubahan dalam setiap aspek kehidupan di lingkungannya.

2. Menghasilkan penelitian dengan substansi sebagai berikut: (a) Bermanfaat bagi perkembangan iptek dan mendukung peningkatan daya saing bangsa; (b) Bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat; serta (c) Bernilai publikasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan aspek sebagai berikut: (a) Bermanfaat dalam pemberdayaan potensi masyarakat; (b) Mendorong dan menumbuhkan partisipasi aktif masyarakat dalam upaya memecahkan masalah; serta (c) Peningkatan kulialitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

KOMPETENSI LULUSAN
Dalam bidangnya para lulusan mampu :
•Mengisi jabatan dan melaksanakan tugas dengan baik di bidang akuntansi seperti ajun akuntan, penyusun laporan keuangan, pelaksana sistem informasi akuntansi (SIA).
•Melaksanakan perhitungan pajak dan bekerja di kantor akuntan pajak.
•Mampu mengoperasikan sistem akuntansi, pengumpulan dan penyajian data pemeriksaan akuntansi.
•Mampu membuat pencatatan akuntansi untuk skala UMKM sebagai bekal kewirausahaan.
Selain itu kompetensi lain yang dimiliki lulusan program Akuntansi Universitas Gunadarma adalah :
•Kemampuan dan ketrampilan lulusan dalam memanfaatkan teknologi informasi yang relevan dan terkini, berkaitan dengan keempat kompetensi sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar