Senin, 15 Februari 2010


Manajemen Strategi

1
Beberapa definisi manajemen adalah:
•Organisasi dan koordinasi kegiatan perusahaan sesuai dengan kebijakan tertentu dan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dengan jelas. Manajemen sering dimasukkan sebagai faktor produksi bersama dengan mesin, material, dan uang. Menurut pakar manajemen Peter Drucker (1909-2005), tugas dasar manajemen ada dua: pemasaran dan inovasi.
•Direktur dan manajer yang memiliki kekuasaan dan tanggung jawab untuk membuat keputusan untuk mengelola suatu perusahaan. Sebagai disiplin, manajemen terdiri dari fungsi-fungsi yang saling terkait perusahaan merumuskan kebijakan dan pengorganisasian, perencanaan, pengendalian, dan mengarahkan sumber daya perusahaan untuk mencapai tujuan kebijakan. Ukuran manajemen dapat berkisar dari satu orang dalam perusahaan kecil untuk ratusan atau ribuan manajer di perusahaan-perusahaan multinasional. Dalam perusahaan besar dewan direksi merumuskan kebijakan yang dilaksanakan oleh chief executive officer.

Manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.
Strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.
Sedangkan Manajemen Strategi adalah suatu perencanaan untuk penggunaan sumber daya yang efektif yang memungkinkan perusahaan mencapai sasarannya.
Pengertian Manajemen Strategi lainnya adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan, kebijakan dan perencanaan serta untuk mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan dan merencanaan pencapaian tujuan organisasi.

Manajemen Strategis merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang biasanya disusun oleh dewan direktur dan dilaksanakan oleh CEO serta tim eksekutif organisasi, sehingga manajemen strategi dapat memberikan arahan menyeluruh untuk perusahaan agar mencapai sasarannya.

1 komentar:

yuli_dwiwiyanti mengatakan...

makasih yaaa... aq dpt tambahan ilmu manajemen..

Posting Komentar