Senin, 22 Februari 2010


Bisnis Pembuatan Skripsi di Bandung 'Ini Salah Satu Bentuk Plagiat'

0

Selasa, 23/02/2010 13:11 WIB
Bisnis Pembuatan Skripsi di Bandung
'Ini Salah Satu Bentuk Plagiat'
Baban Gandapurnama - detikBandung




Bandung - Pengamat pendidikan Dan Satriana menilai kehadiran jasa pembutan skripsi termasuk salah satu bentuk praktik plagiat. Bahkan, hasil buatannya itu tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Bisa dipastikan jasa pembuat skripsi atau sejenisnya termasuk salah satu bentuk plagiat. Mereka kan mengerjakan dengan pesanan banyak. Tidak mungkin dikerjakan sendiri. Penerima jasa ini tentu mendaur ulang dan copy paste dari data sebelumnya," jelas Satriana saat berbincang dengan detikbandung melalui ponselnya, Selasa (23/2/2010).

Dia menambahkan, para pembuat jasa tersebut tidak bakal terkena sanksi kode etik karena berada di luar kampus. Namun, mereka bisa saja terkena pidana tentang hak cipta. Akan tetapi, kata dia, hal tersebut bakal sulit dilakukan.

"Siapa yang mau nongkrongi ke orang-orang jasa pembuat skripsi? Tentu ini akan sulit. Kalaupun bisa ditindaklanjuti secara pidana, kasus plagiat ini harus ada pengaduan dari orang yang dirugikan," kata Ketua Lembaga Advokasi Pendidikan ini.

Menurutnya, kehadiran jasa pembuat skripsi dan sejenisnya ini jelas mencoreng dunia pendidikan di Indonesia. Mahasiswa pun diimbau untuk tidak melakukan cara-cara seperti itu.

"Hal tersebut jelas tak baik dilakukan. Bila dilakukan, para mahasiswa yang kelak menjadi seorang profesional ini akan terbiasa dengan cara-cara plagiat," jelasnya.


Sumber : Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar